Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/cep.v6i2.3619Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
pengembangan, video pembelajaran, arutan elektrolit dan nonelektrolit, pandemi covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran kimia di kelas X pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang sudah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4-D dimodifikasi menjadi tiga langkah (3-D) yaitu Define, Design, Develop. Hasil penilaian kevalidan video pembelajaran kimia dengan rata-rata sebesar 88,33%, (valid atau layak). Penilaian kepraktisan video pembelajaran oleh guru kimia dan peserta didik kelas X MIPA 4 teruji praktis dengan persentase 86% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari peserta didik dengan persentase rata-rata 90% (sangat praktis). Hasil keefektifan video pembelajaran diambil perhitungan uji t yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,705 dengan ttabel sebesar 1,685 maka diperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran kimia di kelas X SMA yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
References
Afkar, F. I., & Hartono, Rudi. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Dengan Model Pengembangan 4-D Pada Materi Mitigasi Bencana Dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. 2: 138-139. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7(5): 395-402. doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Fitria, Ayu. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2): 58. Diakses dari https://.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10498/6484
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. 3(1). 24–29. doi: 10.24269/dpp.v3i1.157.
Husnadi, S. I., Ilhamdi, M. L., & Khair, Bq. N. (2021). Pengembangan Media Inetraktif Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Lombok Untuk Siswa Sekolah Dasar. J. Pijar MIPA. 16(2): 192. doi: 10.29303/jpm.v16i2.2353.
Iswara, W. H., Muntari., Rahmawati., & Loka, I Nyoman. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Jurnal FKIP. 4(3): 246. doi: 10.29303/cep.v4i3.2694.
Mujiyanti, A. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Anakardat Dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice. 3(2): 92. doi: 10.29303/cep.v3i2.1989.
Satuan Tugas Penanganan Covid- 19. (2021). Analisis Data Covid-19 Indonesia. www.covid19.go.id.
Sindi, Sukma., Ningse, W. R. O. Sihombing, I. A., Ilmi, Fikrul., & Hartama, Dedy. (2020). Analisis Algoritma K-Medoids Clustering dalam Pengelompokan Penyebaran Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi. 4(1): 166. Diakses dari http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/1296.
Suasty, Febni., & Hadi, A. A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Solusi Penurunan Pemahaman Materi Pembelajaran Ketika Belajar Online Akibat Pandemic Covid-19. Journal for Teachers and Learning. 1(1): 12. Diakses dari https://ejournal.anotero.org/index.php/milenial.
Sukur, M. H., Kurniadi, Bayu., Haris., & Faradillahisari N. R. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Journal Inicio Legis. 1(1): 4. doi: https://doi.org/10.21107/il.v1i1.8822
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University Of Minnesota.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta, 2003.
Author Biographies
nasir muhammad, Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Muti’ah Muti’ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 nasir muhammad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).