Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Kimia Selama Pembelajaran Daring Di SMAN 2 Sumbawa Besar

Authors

Dian Tri Wahyuni , Yunita Arian Sani Anwar , Supriadi Supriadi , Eka Junaidi

DOI:

10.29303/cep.v6i2.3406

Published:

2023-11-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi November

Keywords:

kemandirian belajar, hasil belajar, pembelajaran daring

Articles

How to Cite

Wahyuni, D. T., Anwar, Y. A. S. ., Supriadi, S., & Junaidi, E. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Kimia Selama Pembelajaran Daring Di SMAN 2 Sumbawa Besar. Chemistry Education Practice, 6(2), 255–261. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa dan menganalisis hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia selama pembelajaran daring di SMAN 2 Sumbawa Besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 142 siswa dari seluruh kelas XI MIPA. Teknik sampling menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak 104 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket dan hasil belajar dari nilai penilaian tengah semester siswa.  Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa termasuk kategori sedang, sedangkan hasil analisis hubungan menggunakan korelasi person product moment menunjukkan nilai rxy=0,214 dengan koefisien determinan sebesar 4,6%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring dengan tingkat sedang dan terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dengan tingkat korelasi rendah.

References

Amalia, A., syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 887-894.

Anwar, D. W., Sumarni, T., Santi, N., & Umar, F. I. T. U. (2021). Sosialisasi efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, 4(1), 35–39.

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. Deepublish.

Dewi, Sonia Rizqi. (2021). Analisis kemandirian belajar pada proses pembelajaran kimia melalui blended learning di masa pandemi. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian belajar secara daring sebagai prediktor hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880–891. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457

Fauzi, A., & Widjajanti, D. B. (2018). Self-regulated learning: the effect on student’s mathematics achievement. JournalOf Physics: Cofference Series, 1097(1), 1742-6595.

Febrianti, L., & Rachmawati, L., (2018). Pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 69-75.

Hidayat, D., & Nadine, F. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Khairawati., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis korelasi sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa di SMPN 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan, 7(1), 52-61.

Kristiyani, T. (2016). Self-regulated learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa indonesia. Sanata Dharma University Press.

Oktarin, S., Auliandari, L., & wijayanti, T. F. (2018). Analisis kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA YKPP Pendopo. Jurnal pendidikan biologi & sains, 2(2), 104-115.

Ranti, M.G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar. Matc Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2018). Hubungan keaktifan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(2), 10-20.

Selvia, D., & Sukur. (2021). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 43 Merangin. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 21–30.

Setiadi, D., Dewi, K. R., & Merta, I. W. (2021). Pengaruh pembelajaran online berbasis kooperatif dan outcome based education terintegrasi kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis. J.Pijar MIPA, 16(2), 151–156.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D. & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN karang jalak I dalam pembelajaran tematik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51-59.

Author Biographies

Dian Tri Wahyuni, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.

Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.

Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. JalanMajapahit No. 62 Mataram, NTB 83112, Indonesia.

License

Copyright (c) 2023 Dian Tri Wahyuni, Yunita Arian Sani Anwar, Supriadi Supriadi, Eka Junaidi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.