Analisis Media Pembelajaran Berbasis Platform Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI
Authors
Nursyifa Hana , Yunita Arian Sani Anwar , Eka Junaidi , Syarifa Wahidah Al-IdrusDOI:
10.29303/cep.v5i2.3407Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Google Classroom, WhatsApp, pelajaran kimiaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemandirian belajar siswa kelas XI SMAN 9 Mataram selama mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan media platform daring. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data diambil melalui angket kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) semangat dan keinginan untuk maju; 2) bertanggung jawab; 3) mampu mengambil keputusan dan inisiatif; 4) percaya diri. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram termasuk dalam kategori rata-rata tinggi dengan persentase tiap kelasnya yaitu kelas XI MIA 1 sebesar 58.1%, kelas XI MIA 2 sebesar 63.4%, kelas XI MIA 3 sebesar 61.0% dengan persentase rata-rata kemandirian belajar seluruh kelas sebesar 60.8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis platform daring memberikan pengaruh yang baik terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.
References
Ashadi, N.R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 46-51.
Aslamiyah, T.A., Setyosari, P., Prahendjono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109-114.
Astini, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Budiariawan, I.P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3(2), 103-111.
Dewi, P.S., & Septa, H.W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendi, M., & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orangtua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23.
Erlianingsih, W. (2019). Hubungan Tanggung Jawab Dalam Belajar demgan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Haka, N.B., Ellyandhani, L.A., Anggoro, B.S., Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 1-12.
Handayani, N., & Hidayat, F. (2018). Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika fi Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 1-8.
Iftakhar, S. (2016). Google classroom: What Works and How?. Journal of Educationand Social Sciences, 3(1), 13-18.
Juniati, N.W., & Widiana, I.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29.
Kuntarto, E. (2017). Kefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Kurniawati, D. (2010). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMPN 2 Sewon Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Martoredjo, N. T. (2020). Pandemi covid-19: Ancaman atau tantangan bagi sektor pendidikan. Jurnal Binus, 7(1), 1-15.
Purwaningsih, D., & Amalia, S.R. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning dan WEB Course Berbantuan Google classroom, WhatsApp Group Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 917-925.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-27.
Rozi, F., & Lana, I.F. (2021). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 109–124.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.
Sobri, M., Nursaptini., Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.
Sulistyani, D., Roza, Y., Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.
Suryadi, E., Ginanjar, M.H., Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-22.
Suwardi, E.R., & Ikhsan, J. (2013). Peningkatan Prestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Dan Cooperative Learning. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 116- 124.
Syarif, E., Sumarmi, S., Fatchan, A., & Astina, I. K. 2016. Integrasi Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21.
Warsita, B. W. B. (2011). Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84-96.
Winata, R., Friantini, R.N., Sukirno. (2021). E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pembelajaran dengan Google classroom. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148-156.
License
Copyright (c) 2022 Nursyifa Hana, Yunita Arian Sani Anwar, Eka Junaidi, Syarifa Wahidah Al-Idrus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).