Analisis Pembelajaran Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/cep.v5i2.3414Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
pandemi, pembelajaran e-learning, internetArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 7 Mataram kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia dan siswa kelas XI IPA di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Dalam pemilihan subjek, peneliti menggunakan teknik proposive sampling.Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kimia pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 7 Mataram kelas XI IPA tahun ajaran 2020/2021.Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa sebelum pembelajaran kimia secara daring dilakukan, guru selalu melakukan persiapan seperti membuat RPP, media pembelajaram dan bahan ajar. Dalam Proses pelaksanaanya menggunakan metode pembelajaran mandiri dengan prosedur yaitu guru mengirimkan materi pembelajaran melalui Platform whatsapp, akan tetapi materi yang membutuhkan kegiatan praktikum tidak bisa dilaksanakan, karena media yang digunakan sangat terbatas dan keadaan yang tidak mendukung. Dari segi kesiapan serta sarana dan prasarana sudah cukup menunjang pelaksanaan pembelajaran, Peserta didik sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti buku, pensil, Handphone atau Laptop, dan jaringan internet.
References
Ahmad, Iqbal Faza. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222.
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76.
Handarini, Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195-211.
Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-40.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Magdalena, I., Rachma, E. A., Khaeroni, A., & Hilmaniyah, N. A. (2020).Analisis Evaluasi Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah SDN Jaya Belendung. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 177-191.
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23.
Putri, E. A. R. (2021). Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platform Whatsapp Group dan Google Meet pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4456-4469.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. Z. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa melaksanakan pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 142-146.
Sumantri, A., Anggraeni, A. A., & Balqis, Z. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Uswatun, D. Z., Hilna ,P., & Luthfi, H. M. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.
Yanti, E., Fridalni, N & Harmawati.(2020). Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas Saintika, 2(1), 33-39.
Author Biographies
Fatimatuzzuhro Sukri, Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Wildan Wildan, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Fatimatuzzuhro Sukri, Wildan Wildan, Syarifa Wahidah Al Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).