Analisis Persepsi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Dan Hubungannya Dengan Sikap Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 6 Mataram

Authors

Ni Kadek Dwi Anggraeni , I Nyoman Loka , Supriadi , Syarifa Wahidah Al Idrus

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3556

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

Persepsi, pembelajaran daring (online), sikap belajar

Articles

How to Cite

Anggraeni, N. K. D., Loka, I. N. ., Supriadi, & Al Idrus, S. W. (2023). Analisis Persepsi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Dan Hubungannya Dengan Sikap Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 6 Mataram. Chemistry Education Practice, 6(1), 94–100. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online), mengetahui sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online) dan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara persepsi siswa kelas XII MIPA terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan korelasional dengan korelasi Spearman Rank. Sampel yang digunakan siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram sebanyak 94 siswa dengan metode pengambilan sampel Proposional Stratifed Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan metode skala Likert. Persepsi siswa dalam penelitian ini terdiri dari tiga indikator yakni indikator kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sikap belajar juga terdiri dari tiga indikator yaitu indikator sikap terhadap guru/pengajar, sikap terhadap proses pembelajaran, dan sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai atau norma-norma tertentu yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dan sikap belajar kimia siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) secara umum menunjukkan kategori cukup baik. Hasil uji hipotesis penelitian didapatkan nilai rho hitung sebesar 5,035 dan rho tabel sebesar 0,364 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram dengan tingkat hubungan yang sedang.

References

Asrul., Rusyudi Ananda., Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka.

Dachmiati, Sabrina. 2015. Program Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Kependidikan. 2(1): 10-21.

Emda, Amna. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2). 181.

Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile Coumputing Devices In Higher Education: Student Perpectives On Learning With Cellphone, Smarthphone & Social Media, Internet And Higher Education.

Hanum, S. N. 2013. Kefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal pendidikan vokasi. 3(1): 90 – 102.

Jamaluddin, D., Ratnasssih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Junral Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, pp. 1-10.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Covid-19.

Komarudin., Prabowo, Mardianto. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. MAJORA. 26(2): 56 – 66.

Martias., Darman., Afriyoksa Rati. 2015. Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Mahasiswa. 1(1): 1-10.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal Of Islamic Education. 2(1): 1 – 12.

Oktamaroza., Mukminim, Amirul., Syahrial. 2021. Problematika Guru Terhadap Pembelajaran Terpadu Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 206/I Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik. 6(1):108-121.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosa, Novrita Mulya. 2012. Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif. 2(3): 218 – 226.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK. 6(2), 214-224.

Sembiring, Anastasia Br., Oktavianti, Roswita. 2021. Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi. 5(1): 120-126.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Author Biographies

Ni Kadek Dwi Anggraeni, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

I Nyoman Loka, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Supriadi, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Ni Kadek Dwi Anggraeni, I Nyoman Loka, Supriadi, Syarifa Wahidah Al Idrus

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.